Selasa, 03 April 2012

Manfaat Membaca dalam Penulisan Karya Ilmiah

Mas Siti Irma Khoerunnisa
41032151111041
Pendidikan Matematika

1.      Pendahuluan
Karya ilmiah merupakan sebuah tulisan yang dibuat oleh seseorang sebagai alat untuk menyampaikan ispirasinya dalam bentuk tulisan yang didukung oleh sumber-sumber yang terpercaya atau penulisannya berdasarkan hasil penelitian. Untuk membuat sebuah karya ilmiah yang bagus, seseorang harus dapat memahami apa yang akan dia tulis karena sebuah karya ilmiah itu ditulis berdasarkan  hasil penelitian yang dia lakukan atau pengetahuan-pengetahuan yang dia peroleh melalui sumber-sumber lain yang mendukung tema karya ilmiah tersebut.
2.      Pengertian Membaca
Membaca adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk menambah pengetahuan yang dimilikinya atau untuk memperoleh informasi-informasi yang dia perlukan melalui media-media tulis (buku, Koran, majalah, dll) atau melalui media elektronik (internet).
Pengertian membaca menurut Tampubolon (1993) menjelaskan pada hakekatnya “membaca  adalah kegiatan fisik dan mental untuk menemukan makna dan tulisan walaupun dalam kegiatan itu terjadi proses pengenalan huruf-huruf. Sedangkan menurut Mikkel Birkegaard Membaca adalah sebuah proses rumit, mulai dari kata di halaman di hadapanmu sampai suara yang meninggalkan bibirmu. Membaca adalah kombinasi dari mengenali simbol dan pola, menghubungkannya dengan suara dan mengumpulkannya menjadi suku kata sampai akhirnya kita mampu menginterpretasikan arti sebuah kata.” Sedangkan menurut Mikkel Birkegaard “membaca adalah sebuah proses rumit, mulai dari kata di halaman di hadapanmu sampai suara yang meninggalkan bibirmu. Membaca adalah kombinasi dari mengenali simbol dan pola, menghubungkannya dengan suara dan mengumpulkannya menjadi suku kata sampai akhirnya kita mampu menginterpretasikan arti sebuah kata.” Lain halnya dengan Daud Firmansyah “membaca merupakan tahap penting dalam proses perkembangan anak karena membaca merupakan gerbang pertama untuk menuju proses pembejaran yang lebih kompleks.”
3.      Manfaat Membaca
Membaca bermanfaat untuk menambah wawasan, mempertinggi ilmu dan memperluas pengetahuan yang kita miliki.
Manfaat membaca menurut Dr. Aidh bin Abdullah al-Qarni, dalam bukunya, “La Tahzan” mengungkapkan tentang banyaknya manfaat membaca, yaitu di antaranya sebagai berikut :
·         Membaca menghilangkan kecemasan dan kegundahan.
·         Ketika sibuk membaca, seseorang terhalang masuk ke dalam kebodohan.
·         Kebiasaan membaca membuat orang terlalu sibuk untuk bisa berhubungan dengan orang-orang malas dan tidak mau bekerja.
·         Dengan sering membaca, orang bisa mengembangkan keluwesan dan kefasihan dalam bertutur kata.
·         Membaca membantu mengembangkan pemikiran dan menjernihkan cara berpikir.
·         Membaca meningkatkan pengetahuan seseorang dan meningkatkan memori dan pemahaman.
·          Dengan membaca, orang mengambil manfaat dari pengalaman orang lain: kearifan orang bijaksana dan pemahaman para sarjana.
·         Dengan sering membaca, orang mengembangkan kemampuannya; baik untuk mendapat dan memproses ilmu pengetahuan maupun untuk mempelajari berbagai disiplin ilmu dan aplikasinya dalam hidup.
·         Membaca membantu seseorang untuk menyegarkan pemikirannya dari keruwetan dan menyelamatkan waktunya agar tidak sia-sia.
·         Dengan sering membaca, orang bisa menguasai banyak kata dan mempelajari berbagai tipe dan model kalimat; lebih lanjut lagi ia bisa meningkatkan kemampuannya untuk menyerap konsep dan untuk memahami apa yang tertulis “diantara baris demi baris” (memahami apa yang tersirat).














DAFTAR PUSTAKA
Mathedu Unila. (2009). Pengertian Menbaca. Tersedia di :
 Carapedia pengertian dan definisi membaca. Tersedia di : http://carapedia.com/pengertian_definisi_membaca_info2149.html
Kertas kecilku. (2012). Manfaat Membaca. Tersedia di :
http://kertas-kecilkita.blogspot.com/2012/01/manfaat-membaca-buku.html





Tidak ada komentar:

Posting Komentar