Rabu, 11 April 2012

BAHASA INDONESIA: PRA QUIZ



BAHASA INDONESIA: Latihan 1
Mata Kuliah      : Bahasa Indonesia                               
Dosen               : Hj. Isna Sulastri, Dra. M. Pd.
Nama               : Mas Siti Irma Khoerunnisa
NIM                 : 41032151111041
Tanggal            : 11 April 2012


BAGIAN A
 
Petunjuk
1    1. Kerjakanlah soal di bawah ini dengan cara memutihkankan huruf B jika pernyataan yang terdapat
     dalam soal, Anda anggap benar dan hitamkan S jika salah. Contoh jika jawaban betul: ( B-S ).
 2. Jawaban ditulis langsung pada lembar soal ini. Untuk ini silakan dikopi paste terlebih dahulu.
 3. Pengetikan soal ini belum tertata rapi maka rapikanlah dalam blog Anda.
SOAL

1.   Tujuan utama perkuliahan Bahasa Indonesia adalah untuk menumbuhkembangkan
keterampilan berbahasa mahasiswa, baik lisan atau pun tulisan ( B-S ).
2.  Salah satu upaya menumbuhkembangkan keterampilan berbahasa mahasiswa adalah dengan menumbuhkan kesadaran berbahasa Indonesianya terlebih dahulu ( B-S ).
3. Kesadaran berbahasa seseorang tidak dapat dilihat  dari tanggung jawab dan sikapnya terhadap  bahasa Indonesia ( B-S).
4. Mahasiswa Program Studi Matematika tidak perlu memiliki kesadaran berbahasa Indonesia sebab mereka tidak akan menjadi guru bahasa Indonesia (B-S).
5. Membiasakan diri berbahasa sesuai kaidah bahasa Indonesia terutama di dalam forum-forum resmi, merupakan wujud tanggung jawab seseorang terhadap bahasanya ( B – S  ).
6. Menurut Mansoer Pateda, tanggung jawab terhadap bahasa dan berbahasa dapat diwujudkan hanya dalam bentuk partisipasi formal ( B S ).
7. Pengguna bahasa yang berpartisipasi secara formal, biasanya dengan kesadaran sendiri berusaha untuk menjadi peserta aktif dalam setiap kegiatan kebahasaan (B-S).
8. Mahasiswa Program Studi Matematika idealnya berpartisipasi dalam kegiatan pembinaan bahasa,  minimal dalam bentuk partisipasi formal (B-S).
9. Salah satu contoh partisipasi formal yang dapat dan patut dilakukan mahasiswa  Program Studi Matematika adalah berupaya untuk selalu berhati-hati dalam berbahasa sehingga bahasa yang digunakannya senantiasa tertib dan terpelihara ( B S ).
10.Mampu menghafal kaidah bahasa Indonesia dengan baik tanpa berlatih mengimplementasikannya belum menjamin seseorang akan menjadi pengguna bahasa yang baik (B-S).
11.Mahasiswa Program Studi Matematika yang sudah berusaha untuk berbahasa sesuai kaidah  bahasa Indonesia dalam forum-forum resmi, merupakan pertanda bahwa dia sudah memiliki kesadaran berbahasa (B-S).
12. Kalimat efektif biasanya tidak komunikatif (B-S).
13. Kalimat yang ambigu termasuk salah satu contoh kalimat efektif ( B-S )
14. Kalimat ambigu adalah kalimat yang tidak memiliki struktur yang lengkap ( B-S ).
15. Penggunaan bahasa Indonesia  yang baik dapat dilihat antara lain dari keefektifan kalimat serta ketepatan diksi dan ejaannya (B-S).


BAGIAN B

Petunjuk
Jawablah soal berikut dengan mempergunakan bahasa Indonesia yang baik dan bernalar
karena bahasa jawaban Anda termasuk bagian yang dinilai.

SOAL
Ada pernyataan yang berbunyi, “Maju mundurnya suatu bahasa sangat ditentukan oleh
kesadaran berbahasa pemakai bahasa itu sendiri”.
1.      Setujukan Anda dengan pandangan tersebut? Apa alasannya?  Tulislah argumentasi Anda terkait ini dalam satu paragraf.
Setuju, Kita sebagai warga Indonesia harus memiliki kesadaran dalam berbahasa. Karena, itu merupakan hal yang penting dan dapat mengubah maju atau mundurnya suatu bahasa itu sendiri. Sehingga apabila suatu bahasa ingin maju, maka perlu di tanamkan rasa memiliki dan kesadaran berbahasa pada diri sendiri. Bertanggung jawab dalam penggunaan bahasa merupakan salah satu ciri kesadaran berbahasa. Jangan sampai kita sebagai warga Indonesia belum memiliki kesadaran berbahasa, karena hal itulah yang dapat menyebabkan mundur atau memudarnya suatu bahasa. Bahasa bagi suatu bangsa adalah harta yang tak ternilai, maka dari itu periharalah bahasa bangsa kita agar bahasa kita dapat maju seperti bahasa di negara-negara lainnya.
2.      Tulislah minimal lima ciri orang yang memiliki Kesadaran Berbahasa. Uraikan masing-masingnya dengan singkat.
a.       Selalu berhati-hati menggunakan bahasa. Artinya, ia akan berhati-hati atau berfikir sebelum berbicara. Sehingga ketika ia berbicara , ia akan selalu berhati-hati apakah bahasa yang ia gunakan sudah tepat atau tidak.
b.      Tidak merasa senang melihat orang yang menggunakan bahasasecara serampangan. Artinya, orang yang memiliki kesadaran berbahasa akan senantiasa menegur orang yang menggunakan bahasa secara serampangan agar ia tahu betapa pentinya sebuah bahasa.
c.       Dapat mengoreksi pemakaian bahasa orang lain. Artinya, dapat menilai pemakaian bahasa orang lain atau dapat membedakan benar atau salahnya seseorang ketika menggunakan bahasa.
d.      Berusaha menambah pengetahuan tentang bahasa tersebut. Artinya, menambah kemampuan dalam berbahasa agar kemampuan dalam berbahasanya bertambah luas dan tentunya kemampuan berbahasanya pun semakin terasah, sehingga dia lebih mengetahui mana bahasa yang benar dan mana bahasa yang salah.
e.       Bertanya kepada ahlinya kalau menghadapi persoalan bahasa.Bertanya kepada yang lebih ahli dalam berbahasa ketika mendapat kesulitan.
3.      Sudahkah Anda memiliki kelima ciri tersebut? Jelaskanlah dengan argumentasi yang bernalar.
Belum, sejujurnya saya belum memiliki ciri dalam kesadaran berbahasa. Karena kemampuan berbahasa saya belum terasah dan kurangnya berhati-hati dalam penggunaan bahasa, sehingga kemampuan berbahasa saya pun belum dapat dikatakan baik.
4.      Upaya apakah yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Anda? Jelaskanlah.
a.       Lebih berhati-hati dalam penggunaan bahasa.
b.      Memperingatkan atau menegur orang yang menggunakan bahasa secara serampangan.
c.       Terus berlatih dalam penggunaan bahasa, agar dapat mengoreksi pemakaian baasa orang lain.
d.      Mengikuti berbagai kegiatan yang berhubungan dengan bahasa atau mencari sumber seperti buku yang membahas  tentang bahasa.
e.   Bertanya atau berdiskusi kepada orang yang lebih ahli dalam berbahasa agar kemampuan berbahasanya lebih tertib.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar