Selasa, 03 April 2012

ALASAN MENGAPA HARUS BELAJAR BAHASA INDONESIA

Mas Siti Irma Khoerunnisa
41032151111041
Pendidikan Matematika


1.      Menurut S. Effendi, bahasa adalah sumber daya bagi kehidupan bermasyarakat. Kita
dikenal dan menjadi populer di lingkungan pekerjaan atau di lingkungan lainnya,
apabila kita mau dan mampu memahami orang lain dan mampu pula membuat orang lain memahami kita. Kita berhasil dalam belajar, bekerja, atau melakukan berbagai  aktivitas,  biasanya juga karena  kita dapat  memahami  orang lain  dan dapat pula membuat orang lain memahami kita. Semakin mampu kita memahami orang lain dan membuat orang lain memahami kita, biasanya akan semakin populer dan semakin berhasil kita dalam mengharungi kehidupan bermasyarakat. Tegasnya, kepopuleran dan keberhasilan itu antara lain bergantung pada adanya upaya untuk saling memahami di antara sesama manusia.

Saling memahami itu, berhubungan erat dengan penggunaan sumber daya bahasa yang dimiliki seseorang. Kita dapat memahami orang lain dengan baik apabila kita bersedia mendengarkan dengan baik apa yang dikatakan orang lain dan mau membaca dengan baik apa yang dituliskan orang lain. Sebaliknya kita dapat membuat orang lain memahami kita dengan baik, apabila kita mewicara dan atau menulis dengan baik untuk orang lain. Dengan kata lain, saling memahami ini sangat bertemali dengan kemauan dan keterampilan kita dalam mendengarkan, mewicara, membaca, dan menulis.
2.      Sebagai warga Negara  Indonesia pasti sadar diri, betapa banyaknya ragam bahasa di Indonesia. Lain daerah lain bahasa, orang Sumatera memiliki bahasa sendiri, orang Jawa memiliki bahasa sendiri, orang Kalimantan memiliki bahasa sendiri. Dan ragam bahasa itu menjadi kebanggaaan kita sebagai warga Negara Indonesia.
Ada beberapa alasan, kenapa perlu belajar bahasa Indonesia :
a. Bahasa menunjukkan bangsa
Sebuah ungkapan atau sebuah pepatah yang memakai 2 unsur atau kata pokok yaitu bahasa dan bangsa. Dari dua unsur dapat disimpulkan 3 arti yaitu :
1. tabiat seseorang dapat dilihat dari cara bertutur kata mereka.
2. kesopansantunan seseorang menunjukkan asal keluarganya.
3. bahasa yang sempurna menunjukkan peradaban yang tinggi dari bangsa pemilik bahasa tersebut.
b. Ilmu Pengetahuan
Untuk mendapatkan ilmu pengetahuan itu kita harus belajar bahasa Indonesia. Sejak kecil  kita sekolah mulai dari sekolah di tingkat dasar, menengah, atas dan sampai kuliah.  Ilmu itu di ajarkan dalam bahasa Indonesia.
c. Ingin menjadi orang berhasil, perlu tidak belajar bahasa Indonesia ?
Untuk menjadi orang berhasil, baik itu menjadi professor, ilmuan, kepala pemerintahan, menteri, wakil rakyat, Gubernur, Bupati, menajer perusahaan, dan lain sebagainya, maka di tuntut untuk bisa berkomunikasi baik itu lisan maupun tulisan. Dapat kita simpulkan bahwa menjadi seorang berhasil itu perlu sebuah proses, salah satu proses tersebut adalah belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar.
d. Sebelum mempelajari struktur bahasa Asing, pelajari dulu struktur bahasa  
Jadi aneh kalau orang Indonesia bahasa Inggrisnya baik dan struktur bahasanya bagus, tapi di kasih untuk menulis dalam bahasa Indonesia jadi berantakan. Maka dari itu pondasi awal untuk mempelajari bahasa asing baik itu bahasa Inggris, Jerman, Belanda, Jepang dan lain sebagainya maka dari itu pelajari dulu struktur bahasa Indonesia dulu baru lanjut belajar struktur bahasa Asing.
3.      Mungkin sebagian masyarakat Indonesia, bahkan saya, pernah mempertanyakan hal
ini. Sebenarnya, mengapa kita perlu mempelajari bahasa Indonesia? Apakah memang perlu memepelajari secara baik, bahkan mendalami bahasa Indonesia, bahasa bangsa kita? Menurut saya, ada beberapa alasan mengapa kita perlu mempelajari bahasa Indonesia:
Alasan pertama, bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sudah sejak lama dikumandangkan oleh para pemuda bahkan sebelum adanya UUD 1945. Dan sebagai rakyat Indonesia ada baiknya kita tidak hanya merasa bahasa Indonesia sebagai sebuah alat komunikasi semata, namun sebagai identitas Negara kita yang diakui oleh undang-undang.
Kedua, bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan. Bahasa Indonesia telah berhasil menyatukan semangat para pemuda untuk bersatu pada saat Sumpah Pemuda tahun 1982. Karena itulah, bahasa Indonesia menjadi sangat penting untuk dipelajari sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia yang berbeda-beda ini.
Ketiga, komunikasi yang dilakukan oleh tiap orang bukan hanya komunikasi secara lisan, juga secara tulisan. Banyak orang menganggap tidak perlu mempelajari bahasa Indonesia karena mereka merasa apabila lawan bicara mereka mengerti maka tidak perlu mempelajari bahasa Indonesia yang terkesan baku dan kaku. Memang alasan ini cukup bisa diterima, namun sadarkah kita bahwa bahasa Indonesia tidak hanya mengajarkan mengenai membuat kalimat baku dan sebagainya tetapi juga mengajarkan mengenai intonasi, penekanan kalimat, dan etika berbicara kepada orang lain. Di titik inilah bahasa Indonesia menjadi sangat penting untuk dipelajari. Selain itu, mengenai cara berkomunikasi secara tertulis, bahasa Indonesia yang baik sangatlah diperlukan. Alasannya adalah karena kita tidak mungkin menulis sesuatu yang bersifat resmi kepada orang lain dengan kata-kata yang “berantakan” ataupun menggunakan bahasa lisan sehari-hari karena pada tulisan tidak mengenal penekanan nada bicara, intonasi dan mimik wajah. Apa yang akan terjadi bila terjadi salah kesalahpahaman pada saat orang lain membacanya? Bisa jadi kerugian akan menimpa Anda. Karena itulah, sangat penting untuk mempelajari bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi baik secara informal maupun formal.
Keempat, menjadi sangat penting kita mempelajari bahasa Indonesia secara baik dan benar sebagai alat untuk mengenali dan mengembangkan kebudayaan serta hasil karya bangsa kita sendiri. Bagaimana mungkin  kita dapat mengapresiasi dan hasil karya seperti puisi, syair, cerita, dan lainnya jika kita tidak mampu mengerti dan mempelajari karya-karya tersebut. Tugas kitalah untuk mengapresiasi dan menjaganya agar kebudayaan serta hasil karya dari anak bangsa tetap bisa dikenali seterusnya. Apalagi caranya kalau bukan dengan terus menggunakan dan mempelajari bahasa Indonesia secara baik dan benar.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar